Tuesday, March 8, 2011

GALAKSI

Bumi yang pada saat ini tempat kita hidup ada di dalam sebuah galaksi yang bernama galaksi bima sakti atau milky way. Tapi apakah kita tahu apa itu galaksi ? galaksi merupakan kumpulan planet-planet, bintang, gas dan debu yang membentuk suatu komponen yang sangat besar dan terdapat didalam alam semesta. galaksi terkecil mencakup jutaan bintang sedangkan galaksi yang besar bisa mencapai milyaran bintang.

Menurut Fowlet, kira-kira 12.000 juta tahun yang lalu galaksi tidaklah seperti sekarang ini. Pada saat itu galaksi masih merupakan kabut gas hydrogen yang sangat besar yang berada di ruang angkasa. Kabut gas hydrogen tersebut bergerak perlahan-lahan, berputar pada porosnya, sehingga berbentuk bulat.

Ada 3 bentuk dasar galaksi yaitu, spiral, barred spiral dan elips setiap bentuk galaksi mempunyai ciri khasnya masing masing, seperti galaksi yang berbentuk spiral dimana lengan dari material galaksi keluar dalam bentuk cakram dari tonjolan di tengahnya. Barred spiral dimana lengan dari material galaksi keluar dari cakram dari pusat yang berbentuk seperti batang dan elips dimana bintang yang berada di dalam galaksi itu tersebar kedalam dan membentuk tonjolan tanpa adanya lengan atau cakram.

ada banyak galaksi yang terdapat di alam semesta ini. Bima sakti adalah galaksi dimana tempat kita hidup. Galaksi andromeda adalah galaksi yang cukup dekat dengan galaksi bima sakti dan masih banyak galaksi galaksi lain seperti silvery coin, blue pin wheel dan magellanic clouds. pada saat ini kita belum bisa mengetahui apa yang ada di dalam galaksi tersebut karena keterbatasan teknologi yang kita punya sekarang. Mungkin di masa yang akan datang dengan teknologi yang lebih canggih kita bisa mengetahuinya dan mencari tahu apa ada kehidupan lain selain di bumi. :)

No comments:

Post a Comment